Tanaman Obat:Purwoceng (Pimpinella alpina)

20090615_1810064169_purwoceng
Purwoceng (Pimpinella alpina)picture from Aspetri

Membaca sekilas saja kelihatannya kita sudah dapat menduka apa khasiat tanaman obat ini. Memang Purwoceng dikenal sabagai tanaman onat yang berkhasiat untuk menambah keperkasaan pria, sebagai obat herbal yang sudah cukup lama dikenal di Indonesia.

Tumbuhan ini pada awalnya diketemukan di pegunungan Alpen di Swiss , itulah kenapa epitethon species tanaman obat ini adalah alpina.. karena diketemukan pertama kali di pegunugan alpen denga ketinggian diatas 1500 dpl, dan di Indonesia banyak kita ketemukan tanaman obat ini di kawasan Dieng pada ketinggian 2.000-3.000 m dpl. sebaran tanaman purwoceng di Indonesia kini meliputi Jawa Tengah, Jawa Timur,dan Jawa Barat.

Selain di Dieng, tanaman obat Purwoceng juga tumbuh di pegunungan Iyang, Jawa Timur tanaman obat ini dikenal sebagai suripandak abang. Di Gunung Tengger tanaman obat ini dinamai gebangan depok.

Manfaat tanaman obat Purwoceng ?

Eni Hayani dan May Sukmasari pernah memaparkan, seluruh bagian tanaman purwoceng dapat digunakan sebagai tanaman obat tradisional, terutama akar. Akarnya mempunyai sifat diuretika dan digunakan sebagai aprosidiak.yaitu khasiat suatu obat yang dapat meningkatkan atau menambah stamina. Pada umumnya tumbuhan atau tanaman obat  yang berkhasiat sebagai aprosidiak mengandung senyawa-senyawa turunan saponin, alkaloid, tanin, dan senyawa-senyawa lain yang berkhasiat sebagai penguat tubuh serta memperlancar peredaran darah.

Penggunaan tanaman obat dibidang pengobatan pada prinsipnya tetap didasarkan pada prinsip-prinsip terapi seperti pada penggunaan obat moderen. Oleh karenan khasiat akar tanaman purwoceng (Pimpinella alpina) yang diketahui dari pengalaman-pengalaman orang kemudian berkembang menjadi image berkasiat

Sebagai aprodisiak, ternyata mengandung turunan dari senyawa sterol, saponin dan alkaloida (Caropeboka dan Lubis, 1985).
Karena begitu terkenalnya tanaman obat Purwoceng ini masyarakat memberikan julukan sebagai VIAGRA FROM JAVA, bagaimana selanjutnya tanaman obat ini kemudian semakin terkenal. sekarang sudah banyak yang dijual dalam kemasan kapsul, dan dikemas bersama tanaman obat lain misalnya pasak bumi.

Keberadaan tanaman yang semakin langka disebabkan selain karena terdesak oleh pesatnya permintaan, juga karena pengadaannya memerlukan waktu.Atas dasar kelangkaan dan isu aprodisiak tersebut harga yang terjadi sekarang sangat tinggi (Ardhi, berbagai sumber).

Leave a Reply