Kholesterol Jahat Picu Sakit Jantung

Kholesterol Jahat Picu Sakit Jantung

Team peneliti dari Universitas Oxford Ingris, telah melakukan penelitian yang mendalam tentang kholesterol jahat jenis terbaru selain yang telah  kita kenal selama ini yaitu LDL (Low DEncity Lipoprotein Cholesterol) yaitu yang disebut LIpoprotein (a) atau Lp(a)

Lp(a) ini ternata sangat sulit dikendlikan dengan diet makanan rendah lemak atau obat statin, namun para peneliti tersebut masih berkesimpulan bahwa Lp(a) pada tingkat ketinggian yang sama dengan LDL masih setingkat lebih rendah resikonya.

LDL dikenal sangat agresif dalam “menyerang” arteri dan meningkatkan resiko terkena penakit jantung dan kardiovaskuler.Para ilmuwan memang sepakat bahwa Lp(a) tidak sejahat LDL tetapi dapat menimbulkan penyumbatan pembuluh darah.

Dalam penelitian tentang Lp(a), para peneliti dengan menggunakan technologi Chip genetika untk mimindai DNA yang merupakan titik potesial untuk resiko penyakit jantung, dari hasil penelitian diketahui ada satu dari setiap enam orang adalah pembawa gen Lp(a).

Obat-obatan yang sekarang beredar seperti Niacin, dan jenis lain yang akan segera masuk kepasar adalah CETP-inhibitor dapat menurunkan LP(a) seperti halnya khasiatna dalam menurunkan LDL.

Leave a Reply