Balanophora Sejenis Tumbuhan Parasit , Bermanfaat Sebagai Obat

Nama species : Balanophora fungosa
Genus : Balanophora
Familia : Balanophoraceae

Balanophora adalah genus dari sekitar 100 spesies [1] tanaman parasit dalam keluarga balanophoraceae ditemukan di bagian Asia tropis dan subtropis, termasuk kawasan Indonesia, Kepulauan Pasifik, Madagaskar, dan Afrika tropis.

Dari 19 jenis yag telah di konfirmasi , baru baru ini ada jenis ditemukan B. coralliformis). Banyak spesies mengeluarkan bau yang menarik serangga penyerbuk Rafflesia.

Spesies Balanophora digunakan dalam pengobatan tradisionil di banyak negara Asia. Misalnya, di Cina, Balanophora dikenal sebagai dia-gu (batu-jamur) dan di Thailand sebagai Hoh-ra-tao-su-nak. Dalam kedua kasus, tanaman ini digunakan untuk mengobati berbagai penyakit.

Umbi Balanophora kaya zat seperti lilin yang digunakan di Jawa sebagai bahan bakar untuk obor.

 

Balanophora images

 

 

 

Balanophora adalah tanaman berbunga yang hidup parasit pada akar pohon. Termasuk dalam familia , balanophoraceae. Ini adalah Balanophora fungosa, di  hutan Mossman Gorge, dekat Cairns di Queensland, Australia.

Perhatikan daun pucat dimodifikasi berwarna pada basis dari dua tunas tersebut. Balanophora sepenuhnya kurang pigmen hijau.

Setiap tangkai berbunga Balanophora fungosa terdapat ribuan bunga betina (bagian atas) dan jumlah yang jauh lebih kecil dari bunga jantan dekat pangkal tangkai berbunga.

Sekitar dua puluh bunga jantan dapat dilihat pada tangkai berbunga di sebelah kiri (mereka memiliki kiat putih). Berbunga tangkai di kanan lebih tua, dan bunga jantan telah memudar.

Bunga betina di bagian atas berbunga ini tangkai Balanophora fungosa yang luar biasa kecil – mereka hanya terlihat seperti butiran bubuk putih.

Bunga jantan memiliki kelopak-seperti struktur (kecoklatan) yang mengelilingi bagian serbuk sari-bantalan putih.

Edited by : Soehardi Tjokroprawiro