Tahukah Anda : Tentang Pemindahan Tali Toga ke Kanan.

Kawan kawan Yts,

Mulai posting perdana ini kami mencari artikel artikel yang semoga bermanfaat, dengan judul Tahukah Anda , Kenapa ?…. dan pada kesempatan pertama ini kami posting tulisan kak Sitti Zubaidah DaCha kawan saya sebagai relawan saat terjadi Tsunami di Aceh yang lalu . Silahkan !!!

By : Sitti Zubaidah DaCha

Tahukah Kita tentang Pemindahan Tali Toga ke Kanan.

Alasannya ~ Pemindahan tali toga saat wisuda. Ketika wisuda setiap mahasiswa pasti memakai toga. Tetapi anda semua pada tahu tidak mengapa pada saat wisuda itu tali toga disampirkan di kepala sebelah kiri, lalu kemudian oleh rektor dipindah ke bagian kanan.

Toga merupakan simbol yang menyatakan bahwa mahasiswa telah lulus dan siap untuk terjun ke masyarakat. Tali toga yang awalnya disampirkan di kepala sebelah kiri lalu kemudian oleh rektor dipindah ke bagian kanan.

Tali toga di sebelah kiri maksudnya adalah selama menjadi mahasiswa, bagian otak yang dipakai mahasiswa kebanyakan adalah otak kiri. Dimana otak kiri itu hanya berhubungan dengan bahasa atau hafalan. Nah, dipindahkannya tali toga dari kiri ke kanan itu dimaksudkan agar setelah lulus para sarjana tidak hanya menggunakan otak kiri, tetapi harus lebih banyak menggunakan otak kanan. Dimana otak kanan ini berhubungan dengan daya imajinasi, kreativitas, dan inovasi seseorang. Hal ini berhubungan dengan jenis pekerjaan yang harus dipilih para lulusan.

Diharapkan setelah lulus, mereka tidak hanya menggunakan otak kiri yang “hanya mengandalkan bekerja pada orang lain” namun “harus mampu berpikir kreatif, imajinatif dan inovatif” yang menggunakan otak kanan dalam menciptakan pekerjaan bagi diri mereka sendiri. Jadi,ini dimaksudkan agar para lulusan dapat berwirausaha secara baik.

Dengan demikian, marilah kita para sarjana berusaha membangun sistem wirausaha yang kuat untuk menguatkan struktur perekonomian bangsa agar lebih merata, serta mengurangi pengangguran yang merajalela di negeri kita tercinta ini.

Soehardi Tjokroprawiro Good, good ….se7 sekali kak Sitti Zubaidah DaCha

Zulkarnaini Ismail Kita sama2 pernah merasakan wisuda…

Sitti Zubaidah DaCha Pak Soehardi Tjokroprawiro : terima kasih Pak, Bang Zulkarnaini Ismail : Iya, penegasan di Tali Toga sebelah kanan kembali :)

Zulkarnaini Ismail Dimana posisi skrg Sitti.

Sitti Zubaidah DaCha Di Lhokseumawe Bang :)

Zulkarnaini Ismail Gimana Sitti Sehatkan… ?

Sitti Zubaidah DaCha Alhamdulillah sehat…Bang Zul gimana kabarnya…jadi ambil S3 :)

Soehardi Tjokroprawiro Bagus kak Sitti, Ijin Copas ya …

Sitti Zubaidah DaCha Silahkan Pak :)dengan senang hati…

Leave a Reply