Pemberdayaan Pemulung

PENDAHULUAN

A. PEDOMAN PENGELOLAAN PROGRAM Pemberdayaan Pemulung

• Pemulung Empowerment Program (PEP) telah menghasilkan Lembaga Pemberdayaan Pemulung (LPP) dengan kegiatan bisnis sosial-nya, dan pada PEP phase II ini diperlukan pedoman pengelolaan program sebagai dasar bagi pelaksanaan yang lebih baik melalui desain program yang lebih mengedepankan aspek pemberdayaan dan penyiapan kerangka fundamental berkesinambungan dan kemandirian dengan menerapkan aspek pengelolaan kelembagaan dan kegiatan program dalam suatu kelembagaan yang berbadan hukum.

• Kegiatan yang dilakukan
o Persiapan kegiatan.
o Pelatihan dan workshop.
o Bantuan teknis/pendampingan untuk LPP dalam mengelola RBU, MFU, KSP, Social Services, pembentukan PPP tingkat kabupaten/provinsi.
o Komunikasi, publikasi dan advokasi.
o Monitoring, evaluasi dan pelaporan.

• Waktu
Waktu pelaksanaan program PEP phase II adalah 15 bulan terhitung mulai 1 Juni 2011 – 31 Agustus 2012 bagi Operational Committee. Sementara itu waktu pelaksanaan bagi Implementing Committee adalah 14 bulan mulai 1 Juli 2011 – 31 Agustus 2012

• Struktur Co-creation PEP Phase II

• Co-creation adalah prinsip kerjasama program PEP yang mana setiap pihak yang terlibat saling bekerjasama, berkreasi menciptakan model bisnis sosial. Keberhasilan PEP ditentukan oleh keterhubungan, kerjasama, koordinasi, komunikasi diantara level-level comittee.

Struktur Co-creation dibagi dalam tiga level, yaitu:
1. Steering Comittee adalah pihak yang bekerjasama dalam penandatanganan kontrak kerjasama yaitu sebagai lembaga yang memberikan kontribusi dana kegiatan program dan Konsultan yang menerima mandat untuk mengelola dan mengkoordinasikan pelaksanaan program
2. Operation Commintee adalah komite yang mendapatkan mandat dari SC untuk mengoperasikan kegiatan program. Dalam hal ini Konsultan menginstruksikan tugas management program kepada Team Manager Proyek , sementara itu mendapat mandat dari untuk berperan menjadi OC bersama Konsultan.
3. Implementing Committee adalah CSO bekerjasama dan dipercaya oleh OC lembaga pelaksana kegiatan di wilayah.

Source : Pemberdayaan Pemulung

Leave a Reply