Hertadi Sudjo : DI BAWAH NAUNGAN PELEPAH KURMA

by Hertadi Sudjo on Thursday, June 16, 2011

1.Jika kau haus dan minum (kopi atau apa pun) dari sebuah cangkir, maka kau akan melihat wajah Allah di dalamnya. Jika kau tidak melihat Nya, paling tidak kau akan melihat bayangan wajahmu sendiri, yang Dia lah penciptanya (Rumi)

2. Pernyataan yang disampaikan kepada Aisyah ra. : “Kapan pun hamba Allah minum dan tidak mengalami kesulitan dalam menelan atau mengeluarkannya, maka adalah kewajibannya untuk bersyukur kepada Allah atas peristiwa (kenikmatan) itu (Al Hadist)

3. Suatu hari Nabi Ibrahim as. mengundang makan malam seseorang, tetapi setelah tahu bahwa orang itu kafir, Nabi Ibrahim as. membatalkan undangannya dan mengusir kafir itu. Tibatiba Suara Allah menegurnya : “Kamu tidak memberinya makan bahkan untuk sehari saja karena ia beragama lain, padahal selama tujuhpuluh tahun Aku memberinya makan walau ia melakukan bid’ah. Sekiranya kau memberinya makan satu malam, kau tak kan jatuh miskin karenanya” (Al Ghazali)

4. Allah berfirman kepada Nabi Musa as. : “ Jika kamu menyaksikan kekayaan mendatangimu, maka katakanlah – Ini adalah balasan dari dosadosa yang aku perbuat yang Dijatuhkan lebih cepat dari waktunya. Dan jika kamu menyaksikan kemiskinan mendatangimu, maka katakanlah – Selamat datang wahai tanda kebaikan -“ (Iddarus Sobirin)

5. Muslim bin Basyir menceritakan : “ Pada saat sakitnya Abu Hurairah yang terakhir, ia terisak ketika ditanya apa yang disedihkan, ia berkata – Bukan dunia ini yang kutangisi, tapi perjalanan panjang yang akan kutempuh dan sedikitnya bekalku. Aku telah sampai di puncak bukit dan di depanku ada dua jalan menurun, satu menuju surga dan satu lagi menuju neraka. Aku tak tahu ke arah mana aku akan dituntun” (Al Hadist)

6. Jika ada yang memberimu satu peci baru, indah dan mahal, tidakkah kau akan berterimakasih atas hadiah itu ? Tapi tidakkah kau seharusnya jauh lebih bersyukur kepada Yang memberimu kepala untuk menempatkan peci itu ? (Syeikh Muzaffir)

Source :

http://www.facebook.com/notes/hertadi-sudjo/di-bawah-naungan-pelepah-kurma/219470378075004

Leave a Reply