Manfaat Vitamin C dan Kandungannya dalam Buah

Manfaat Vitamin C dan Kandungan dalam Buah

Vitamin C ??Apa yang terbersit dalam ingatan rata rata orang kita kalau disuruh membuat statement atau kaitan ? saya yakin banget pasti begini

Vitamin C ?…ya Gusi Berdarah….trus…..Jeruk…….

Kita akan baca bersama apa manfaat Vitamin C dan Kandungan dalam Buah.

Vitamin C merupakan salah satu vitamin yang diperlukan oleh tubuh dan berfungsi untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh. Bila dalam tubuh kebutuhan vitamin dan mineral mencukupi, maka beberapa jenis penyakit dapat dicegah.

Vitamin C juga merupakan antioksidan yang kuat dan dapat menangkal virus-virus seperti virus flu, sehingga bila kita cukup memenuhi kebutuhan ini, maka kita akan lebih jarang mengalami flu.

Vitamin C ini mudah larut dalam air sehingga bila vitamin yang dikonsumsi melebihi yang dibutuhkan, kelebihan tersebut akan dibuang dalam urine. Karena tidak disimpan dalam tubuh, vitamin C sebaiknya dikonsumsi setiap hari.

Vitamin C rata-rata dibutuhkan bagi orang dewasa adalah 60-90 mg/hari. Tapi bisa juga lebih tergantung kondisi tubuh dan daya tahan masing-masing orang yang berbeda-beda.

Vitamin C maksimum yang diizinkan untuk dikonsumsi adalah 1000 mg/hari.

Vitamin C sangat diperlukan, bila kekurangan vitamin ini dapat menyebabkan gusi berdarah, sariawan, nyeri otot atau gangguan syaraf. Kekurangan lebih lanjut mengakibatkan anemia, sering mengalami infeksi dan kulit kasar.

Vitamin C yang dikonsumsi berlebihan dapat menyebabkan diare. Bila kelebihan vitamin C akibat penggunaan suplemen dalam waktu yang cukup lama dapat mengakibatkan batu ginjal, sedangkan bila kelebihan vitamin C yang berasal dari buah-buahan umumnya tidak menimbulkan efek samping.

Vitamin C dapat ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran. Tidak selalu berwarna kuning, misalnya pada jambu biji yang merupakan buah dengan kandungan vitamin C paling tinggi yang dapat kita konsumsi ternyata berwarna merah. Bahkan, pada beberapa buah, kulitnya mengandung vitamin C lebih tinggi daripada buahnya. Misalnya pada kulit buah apel dan jeruk Jadi lebih baik makan kulitnya dong…..nggak lah yauw.

Vitamin C pada buah bervariasi , berikut adalah tabel kandungan pada buah-buah yang umum kita temui dalam 100 gram.

Kandungan Vitamin C pada Buah
Buah Kandungan Vitamin C
(mg/100 gr)
Jambu Biji 183
Kiwi 100
Kelengkeng 84
Pepaya 62
Jeruk 53
Melon 42
Anggur 34
Jeruk Mandarin 31
Buah Sukun 29
Mangga 28
Nanas 15
Pisang 9
Alpukat 8

Sumber bacaan :
Puskesmas Ngawen Klaten

Leave a Reply