Tanaman Obat; Binahong,Dheng San Chi (Basella rubra Linn)

Binahong
Nama Umum : Binahong,
Nama Ilmiah : Basella rubra Linn
Nama lain : dheng san chi, gendola.

Morfologi Tanaman:

Tanaman Binahong dapat tumbuh di dataran rendah maupun di dataran tinggi, merupakan tumbuhan merambat (kekanan) daun tunggal bentuk jorong ukuran lebih kurang 3 x 5 cm, daun agak tebal dan berair/berlendir.
Tanaman binanhong selama ini dipercaya memiliki beragam khasiat pengobatan mulai dari penyakit ringan hingga berat, termasuk yang disebabkan mikroorganisme. Binahong biasa digunakan sebagai tanaman obat dari daratan Tiongkok yang dikenal dengan nama dheng san chi.

Karena khasiatnya penyembuhannya, tak mengherankan bila tanaman telah digunakan selama ribuan tahun oleh bangsa Tiongkok, Korea, dan Taiwan.. Di Indonesia, kehadiran tanaman ini tergolong sudah lama dan lebih dikenal dengan nama gendola .

Khasiat tanaman herbal ini, berikut beberapa di antaranya:

1. Mempercepat pemulihan pascaoperasi, melahirkan, khitan,luka dalam, dan radang usus.
2. Melancarkan dan menormalkan peredaran serta tekanan darah.
3. Mencegah stroke, maag, dan asam urat.
4. Menambah dan mengembalikan vitalitas dan daya tahan tubuh.
5. Mengatasi wasir atau ambeien.
6. Melancarkan buang air kecil dan besar.
7. Diabetes
8. Menyembuhkan sariawan, pusing, dan sakit perut.

Hampir semua bagian tanaman binahong seperti umbi, batang dan daun dapat digunakan sebagai obat. Tanaman ini bisa direbus atau dimakan sebagai lalapan. Untuk penyakit ringan, dibutuhkan pengobatan selama beberapa hari atau minggu. Untuk anak-anak, cukup berikan separuh takaran dewasa. Berikut contoh ramuan yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah:

1. Rebus saja daunnya sebagai campuran masakan, seperti saat memasak mi instan atau dimakan lalapan. Tapi, jangan lupa untuk mencuci bersih binanhong di air yang mengalir.

2. Daun, akar, dan batangnya dikatakan bisa memulihkan stamina, meningkatkan vitalitas pria, menyembuhkan luka luar dan dalam. Untuk pemakaian dalam, cuci bersih umbi binahong, rebus, dan saring airnya. Minumlah 2-3 kali sehari untuk menyembuhkan luka bekas operasi, maag, dan tifus. Atau, akarnya dikeringkan, ditumbuk halus, lalu masukkan ke dalam kapsul, diminum 3 kali sehari.

3. Untuk pemakaian luar, daun dan batangnya ditumbuk halus lalu dioleskan pada bagian yang sakit. Efektif menyembuhkan memar, rematik, pegal linu, nyeri urat, dan menghaluskan kulit.

4. Agar bekas operasi caesar cepat kering, ambil akar binahong yang batangnya merah sebanyak 15 gram. Setelah dicuci bersih, rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa setengahnya. Saring dan minum selagi hangat. Bila suka, Anda bisa menambahkan sedikit sereh atau gula batu. (Pri/OL-06)

Sumber antara lain :
MediaSehat.com

Leave a Reply