Tanaman Obat : Khasiat Sarang Semut (Myrmecodia pendans) dari Papua

Sarang Semut
Nama Umum : Sarang Semut
Nama Ilmiah : Myrmecodia pendans

Morfologi Tumbuhan

Tumbuhan sarang semut adalah merupakan Epiphyt ( menempel pada tumbuhan lain tetapi dia tidak merugikan induk semangnya ) bentuknya yang unik tentu langsung mengingatkan kita pada tempat tinggal koloni semut.

Tumbuhan ini asli Papua yang diberi nama sesuai dengan bentuknya yakni sarang semut , sejak lama digunakan penduduk asli Papua untuk mengobati berbagai penyakit. Kini, melalui penelitian ilmiah, tanaman ini ditengarai juga ampuh untuk mengobati kanker dan tumor.

Batang bagian bawahnya menggelembung berisi rongga-rongga yang disediakan sebagai sarang semut jenis tertentu. Keunikan sarang semut terletak pada interaksi semut yang bersarang pada umbi yang terdapat lorong-lorong di dalamnya. Kestabilan suhu di dalamnya membuat koloni semut betah berlama-lama bersarang di dalam tanaman ini.
Seiring dengan waktu, terjadilah reaksi kimiawi secara alami antara senyawa yang dikeluarkan semut dan zat yang terkandung di dalam sarang semut. Perpaduan itulah yang ditengarai membuat sarang semut memiliki berbagai kandungan yang ampuh mengatasi berbagai penyakit.

Kandungan Kimia Sarang semut

Sarang semut memang mengandung senyawa aktif penting seperti antioksidan tokoferol (vitamin E) dan beberapa mineral penting untuk tubuh seperti kalsium, natrium, kalium, seng, besi, fosfor, dan magnesium.
Adapun zat-zat aktif seperti antioksidan, polifenol, dan glikosida membantu tubuh untuk mengontrol dan menghalau beragam penyakit. Adanya imuno stimulan turut menambah kekebalan tubuh sehingga membantu dan melindungi sel-sel tubuh agar dapat menjalankan berfungsi dengan baik.

Khasiat Sarang Semut

Sarang semut telah terbukti dapat meyembuhkan beragam penyakit ringan dan berat. Namun, terkait dengan mekanisme kerja kandungan senyawa aktif sarang semut sebagai obat memang masih perlu dilakukan penelitian lebih lanjut. Beberapa penyakit yang bisa disembuhkan yakni kanker dan tumor.

Kemampuan sarang semut untuk pengobatan berbagai jenis kanker dan tumor tersebut diduga kuat berkaitan dengan kandungan flavonoidnya. Kemudian mengobati gangguan jantung terutama jantung koroner, hingga kini mekanismenya memang belum jelas, tetapi kemampuan sarang semut untuk pengobatan berbagai macam penyakit/gangguan jantung ada kaitannya dengan kandungan kalsium dan kaliumnya. Selain itu, untuk meredakan stroke ringan maupun berat, ambeien (wasir), gangguan fungsi ginjal dan prostat, haid dan keputihan, melancarkan peredaran darah, migrain, rematik (encok), gangguan alergi hidung, mimisan, bersin-bersin, maag, melancarkan dan meningkatkan ASI, memulihkan gairah seksual, dan memulihkan serta menjaga stamina.

Sarang semut bisa dikonsumsi dengan cara tradisional yakni mengolahnya sendiri atau Anda juga bisa mendapatkannya dalam bentuk suplemen yang usdah banyak beredar di pasaran. (Pri/OL-06)

Sumber :
http://www.mediaindonesia.com/mediahidupsehat/

Leave a Reply