Penyakit Menular; Kudis ,Scabies Atau Sarcoptes scabiei

scabies

Nama penyakit : Kudis,Kurap
Nama Agent/Penyebab : Sarcoptes scabiei
Akibat : Perilaku jorok/air kotor

Apakah Kudis itu ? :
Kudis merupakan penyakit cosmopolit, artinya dia tersebar di seluruh dunia, karena infestasi sejenis serangga kecil atau tungau (hanya bisa dilihat dengan mikroskop atau kaca pembesar). Tungau ini akan mengorek kulit dan menghasilkan cairan dan luka kecil di kulit kita sehingga terasa sangat gatal, palagi setelah digaruk garuk akan tambah parah.

Tungau ini tidak bisa terbang karena tidak bersayap, jumlah kaki tungau ada delapan (Octapoda) berbeda dengan insekta/serangga seperti nyamuk yang mempunyai 6 kaki. Dia akan merayap, terbawa air kotor di parit atau sungai dimana kita mandi atau berendam di sungai tersebut. Setelah menginfestasi kulit kita, dengan digaruk garuk akan semakin luas perkembangannya.

Diperkirakan diseluruh dunia ada 300 juta kasus setiap tahun, menyerang penduduk dengan kondisi sanitasi yang buruk. Para tunawisma, dan orang orang yang berkecimpung di air keruh.

Bagaimana Penyebaran penyakit Kudis ?

Penyebaran selain secara langsung lewat air, tentu saja seperti kami sampaikan diatas, dari kontak tangan kotor sehabis mengaruk garuk kulit yang kudisan kemudian memegang anak atau orang lain. Bisa juga karena kegiatan seksual dengan penderita kudisan.

Bagaimana mengobati Kudis

Krim Isektisida Permetrin dll:
Ini adalah sejenis krim yang mengandung isektisida. Kita balurkan pada malam hari dan biarkan sampai pagi, lakukan pengulangan tiap malam sampai satu minggu. Pengobatan Kudis harus rajin karena tungau tersebut masuk kedalam kulit dan menyulitkan insektisida sampai ketempat persembunyiannya.

Selain permetrin bisa digunakan jenis insektisida lain seperti Lindane, Ivermectine,Crotamiton,

Untuk mengurang gatal gatal

Dapat dipergunakan antihistamin diphenhydramine atau Benadryl lotion, namun ini tidak membunuh penyebabnya itu sendiri

Sumber :
http://www.medicinenet.com/scabies/article.htm#1whatis

Leave a Reply