Tahukah Kawan Apa Manfaat Brown Rice ?

brown rice

Seingat saya sejak kita mengenal mesin penggilingan padi, ada yang menyebut “slip” atau ada lagi yang menyebut “selep” kita sudah meningalkan beras tumbuk pecah kulit. Warna beras tumbuk memang kecoklatan kurang menarik dan rasanya kurang “nyos”

Orang menyebut beras tumbuk pecah kulit tadi dengan istilah “brown rice” sebetulnya bisa didapat walaupun dengan mesin giling padi, namun cukup satu kali giling agar kulit lepas dari beras.

Sebenarnya dalam beras itu terkandung vitamin B1, B3, B6, Mangan(Mg), Fosfor, mineral, zat besi , asam lemak esensial dan serat yang sangat dibutuhkan dalam tubuh kita.kandungan serat yang tinggi pada brown rice dapat mengurangi resiko kegemukan badan dan sejumlah penyakit termasuk penyakit jantung koroner, diabetes, appendicitis, homerrhoid, konstipasi kronik, dan kanker kolon

Didalam brown rice juga terdapat Mangan(Mg) yang terkandung pada berperan pada proses metabolisme tubuh, merupakan komponen enzim superoxide dismutase (SOD) yang melindungi mitokondria terhadap kerusakan oksidasi.

Asam lemak esensial yang terkadung pada brown rice dapat menurunkan kolesterol LDL (bad cholesterol) sampai 7%. Ditambah kandungan serat, Mg dan vitamin B, maka brown rice juga melindungi terhadap penyakit kardiovaskuler.

Mudah mudahan dengan semakin banyak kita mengkonsumi brown rice kita menjadi sehat seperti kakek nenek kita dulu yag memakan beras tumbuk yang banyak mengandung bekatul

sumber : female brain

Leave a Reply