Waspadalah Penyakit Kecacingan

cacing pita

Ada bermacam-macam Cacing yang merupakan parasit pada tubuh kita. Tempat hidup cacing juga bermacam macam ada yang diusus, di daging , di darah dll.

Yang paling umum adalah Cacing gelang (Ascaris lumbricoides) Cacing akan melepaskan telor melalui tinja, kemudian menetas di tanah yang lembab dan menempel di sayuran, kuku tangan, dll. Anak-anak yang mempunyai kebiasaan menggigit kuku sangat rawan kecacingan. Atau makan sayur mentah yang tidak dicuci bersih.

Cacing pita. Cacing ini ditularkan lewat daging babi, daging anjing atau daging sapi. Daging yang tidak dimasak secara sempurna akan ada kemungkinan menularkan cacing pita. Cacing pita bentuknya memang mirip pita panjangnya kurang lebih 2 meter hidup didalam usus kita.

Cacing tambang, hidup didalam usus 12 jari. Telur cacing dikeluarkan bersama tinja, setelah menetas menjadi larva, hidup di tanah yang lembab.Larva cacing ini mempunyai kemampuan menembus pembuluh darah di sela-sela kaki kita. Kalian harus berhati-hati , pakailah sandal atau sepatu bila main atau bekerja di tanah yang lembab

Cacing memang tidak mematikan, tetapi kita dapat kekurangan gizi karena harus bersaing dengan cacing dan beberapa cacing seperti cacing tambang hidup menempel(menggigit) dinding usus dua belas jari dan akibat lukanya kita akan kekurangan darah

Cacing kremi, sebesar parutan kelapa, pada malam hari sering berkumpul di dubur, gatal

Leave a Reply