Inilah Istilah & Definisi Yang Anda Perlu Tahu Tentang Persampahan

solid waste

Istilah dan Definisi

Yang dimaksud dengan :

1. Sampah adalah sisa kegiatan sehari-hari manusia dan/atau dari proses alam yang berbentuk padat.
2. Pengelolaan sampah adalah kegiatan yang sistematis dan berkesinambungan yang meliputi pengurangan dan penanganan sampah.
3. Penanganan sampah adalah upaya yang meliputi kegiatan pemilahan, pengumpulan, pemindahan, pengangkutan, pengolahan dan pemerosesan akhir sampah.
4. Pemerosesan akhir adalah kegiatan untuk mengembalikan sampah dan/atau residu hasil pengolahan sebelumnya ke media lingkungan secara aman.
5. Penghasil sampah adalah setiap orang, usaha, dan/atau kegiatan yang menghasilkan timbulan sampah.
6. Tempat pemerosesan akhir adalah tempat untuk mengembalikan sampah ke media lingkungan secara aman.
7. Sanitary landfill merupakan sarana pengurugan sampah ke lingkungan yang disiapkan dan dioperasikan secara sistematis, dengan penyebaran dan pemadatan sampah pada area pengurugan, serta penutupan sampah setiap hari.
8. Controlled landfill merupakan sarana pengurugan sampah yang bersifat antara sebelum mampu melaksanakan operasi sanitary landfill, dimana sampah yang telah diurug dan dipadatkan di area pengurugan dilakukan penutupan dengan tanah penutup paling tidak setiap 7 hari.
9. Open dumping atau pembuangan terbuka merupakan cara pembuangan sederhana dimana sampah hanya dihamparkan pada suatu lokasi, dibiarkan terbuka tanpa pengamanan dan ditinggalkan setelah lokasi tersebut penuh.
10. Lindi (Leachate) adalah cairan yang timbul sebagi limbah akibat masuknya air eksternal ke dalam urugan atau timbunan sampah, melarutkan dan membilas materi terlarut, termasuk juga materi organik hasil proses dekomposisi biologis.
11. Instalasi pengolah lindi (IPL) adalah sarana pengolahan lindi baik secara biologis, maupun secara fisika, atau kimia ataupun gabungan, yang harus dioperasikan secara konsisten sesuai SOP agar efluen dari sarana ini memenuhi baku-mutu yang berlaku.
12. Biogas adalah gabungan gas metan (CH4) dan gas karbon dioksida (CO2) yang muncul akibat proses biodegradasi materi organik yang berada dalam kondisi kurang atau tanpa oksigen (O2).
13. Penambangan TPA (landfill mining) adalah upaya untuk mendapatkan kembali bahan bermanfaat dari urugan atau timbunan sampah yang sudah ditutup, yaitu bahan berupa tanah penutup atau kompos, dengan cara menggali sarana tersebut dan menyaring sampahnya.
14. Penggunaan kembali TPA (reused landfill) adalah pemanfaatan lahan tersedia pasca penambangan TPA menjadi area pengurugan kembali.
15. Kegiatan pasca-operasi adalah kegiatan yang sifatnya pemantauan dan pemeliharaan terhadap sarana dan prasarana yang ada, sedemikian sehingga upaya rehabilitasi TPA lama dapat berjalan sesuai rencana, dan fasilitas ini tidak mendatangkan dampak negatif terhadap kesehatan dan keselamatan manusia serta lingkungan.

Sumber :NSPM Sampah – PU

Leave a Reply