Pencegahan Penyakit Malaria (Malaria Prevention)

anopheles

Pencegahan malaria
• Pencegahan (preventif) dapat dilakukan dengan memakan obat antimalaria (Chloroquine) setiap minggu sebanyak 300 mg. Diminum secara teratur seminggu sebelum masuk ke lokasi rawan malaria, selama di lokasi , dan sebulan setelah meninggalkan lokasi malaria. Disarankan untuk selalu hati-hati sampai satu tahun setelah meninggalkan lokasi.
• Pencegahan dengan cara mengurangi/meniadakan kontak dengan nyamuk penular malaria, dengan cara membuat ruangan/kamar yang full screen dan pengusir nyamuk sepanjang hari. Cara ini tentu saja hanya dapat dilakukan di perkotaan yang struktur rumahnya memungkinkan.
• Penggunaan kelambu (impregnated with Permanet) Sangat bagus sekali, harus dilakukan pemcelupan ulang bila telah mencapai waktu tertentu ( 6 bulan). Kekurangan penggunaan kelambu seringkali tubuh kita keluar atau ada di kain kelambu sehingga nyamuk leluasa menggigit walaupun kita berada didalam.
• Penyemprotan nyamuk, dilakukan untuk memutus rantai penularan mempergunakan fogging dan indoor residual spraying untuk nyamuk yang hinggap di dinding.
• Pengendalian lingkungan untuk mengurangi breeding places/tempat perindukan nyamuk . Jenis perindukan tergantung apa jenis nyamuk vectornya.

Leave a Reply