Bagaimana Memutus Rantai Penularan Penyakit Menular ??

Pemutusan rantai penularan

1. Peningkatan sanitasi (Pengamanan buang air besar sembarangan) pemutusan rantai antara tinja dengan cairan, antara tinja dengan lingkungan sekitar dan antara tinja tinja dengan makanan. Sebuah wc yang sederhana yang mendapatkan perawatan bisa menjadi pemutusan rantai antara Tinja dan lalat juga menjaga lalat jauh dari tinja atau menjaga lalat yang kontak dengan tinja jauh dari manusia

2. Peningkatan kualitas / kuantitas air dan penyimpanan air yang baik (melalui penyaluran air, pengolahan air rumah tangga, penyaringan yang aman dan penyimpanan air minum) melakukan penyimpanan air untuk minum dan aman untuk di gunakan dalam segala aspek dari penyiapan makanan tapi hanya bila air dalam kondisi bersih dan tidak terkontaminasi oleh tangan yang kotor atau tempat penampungan air yang di sediakan untuk keluarga dan anak-anak untuk mencuci makanan sebelum disiapkan , membersihkan peralatan dapur , mandi dan mencuci tangan .
Aktivitas ini dapat memutuskan mata rantai penularan kuman , selain itu juga jari tangan dan lalat yang berhubungan langsung dengan makanan yang dimakan . Tetapi jika memang air yang telah terkontaminasi , lebih baik tidak dipergunakan lagi .

3. Meningkatkan kebersihan Makanan : Makanan dapat terkontaminasi selama dalam perjalanan , persiapan , dan dalam proses memakan makanan tersebut ataupun dalam proses penyimpanan . Dalam hal kebersihan makanan bertujuan untuk memastikan bahwa makanan yang kita makan tidak terkontaminasi atau telah kadarluarsa yang berasal dari pasar atau kebun , tertutup dengan baik ketika dalam pengangkutan , telah dicuci sebelum dimasak , dan dimasak dengan benar untuk membunuh kuman , tertutup di tudung saji atau lemari , untuk melindungi dari lalat dan sisanya di simpan dalam tempat yang bersih dan di panaskan ketika akan dimakan lagi . Makanan juga harus dipersiapkan dalam peralatan makan yang bersih . Dari sini anak-anak akan belajar bagaimana menjaga kebersihan makanan , Misalnya makanan harus di tutup dengan baik dan harus mencuci tangan sebelum makan . ( Lihat topik mencuci tangan dengan sabun )

4 Meningkatkan kebersihan Perorangan dan Mencuci tangan : Mencuci tangan dapat mencegah penularan penyakit . Mencuci tangan juga dapat mencegah ARI khususnya pada anak – anak . ( Lihat topik mencuci tangan dengan sabun dan kebersihan perorangan )

5 Meningkatkan cara penanganan sampah dan Saluran air : Melalui peningkatan cara penanganan sampah yang baik sarang lalat dan tikus dapat berkurang yang juga dapat mengurangi penyebaran penyakit yang dapat di sebarkan melalui makanan . Dengan adanya saluran air yang memadai kita tidak hanya mengurangi lalat tapi juga mengurangi tempat perkembangbiakan nyamuk . ( Lihat topik penanganan sampah yang baik )

Sumber : OXFAM

Leave a Reply