Manfaat Bawang Putih Melawan Kanker

Manfaat Bawang Putih Melawan  Kanker

Manfaat Bawang putih manfaat bawang putih dalam melawan kanker telah  sering dilaporkan. Yang paling umum dikenal manfaat dari bawang putih adalah peranan potensialnya dalam penyakit jantung dan kanker.

Memang, laporan ilmiah pertama untuk menyelidiki bawang putih dan kanker sudah mulai dilakukan di tahun 1950-an. Para ilmuwan menyuntikkan allicin, bahan aktif dari bawang putih, pada tikus yang menderita kanker. Tikus menerima suntikan bertahan lebih dari 6 bulan sedangkan tikus-tikus yang tidak menerima suntikan hanya bertahan 2 bulan.

Banyak penelitian menunjukkan bahwa bahan organik bawang putih, allyl sulfur, bahan aktif lain dalam bawang putih, efektif dalam menghambat atau mencegah perkembangan kanker. Banyak studi pengamatan dalam manusia juga menyelidiki asosiasi menggunakan bawang putih dan allyl sulfur dan kanker. Dari hasil 37 studi, 28 penelitian menunjukkan bukti bahwa bawang putih dapat mencegah kanker. Bukti ini terutama kuat dalam pencegahan kanker prostat dan perut. Studi khusus ini melihat risiko kanker perut terutama menarik. Studi ini dilakukan di Cina. Peneliti menemukan bahwa perokok dengan asupan bawang putih tinggi relatif lebih rendah memiliki risiko kanker perut daripada perokok dengan asupan bawang putih rendah.

Sebuah epidemiologi skala besar Iowa Women’s Health Study memandang konsumsi bawang putih di 41.000 wanita paruh baya. Hasilnya menunjukkan bahwa wanita yang secara teratur mengkonsumsi bawang putih memiliki 35% lebih rendah risiko pengembangan kanker usus besar.

Diperkirakan bahwa allyl senyawa belerang dalam bawang mencegah kanker dengan memperlambat atau mencegah pertumbuhan sel tumor kanker.

manfaat dari Bawang Putih thd Cancer Garlic

Pesan:

Dalam rangka untuk memaksimalkan manfaat kesehatan dari bawang putih, disarankan untuk menunggu 15 menit antara mengelupas dan memasak bawang putih agar terjadi reaksi enzimatik untuk mempertahankan beberapa manfaat bagi kesehatan bawang putih. Jika Anda menggunakan suplemen bawang putih, menggunakan tablet berlapis enterik sehingga bahan dapat bertahan hidup di perut dan diserap ke dalam aliran darah di usus kecil
Harap berhati-hati jika Anda sedang mengonsumsi suplemen bawang putih dan pengencer darah seperti aspirin dan warfarin pada saat yang sama waktu.

Suplemen bawang putih akan lebih mengencerkan  darah Anda. Selain itu, disarankan untuk menghentikan suplemen bawang putih sekurang-kurangnya 7 hari sebelum operasi.

Leave a Reply