Radikal bebas dan kesehatan Anda

Radikal bebas dan kesehatan Anda

Kami  akan mencoba menjelaskan sejelas mungkin apa sebetulnya radikal bebas dan bagaimana mereka mempengaruhi kesehatan Anda.
Dr Denham Harmon menjadi sangat terkenal karena telah “menemukan” radikal bebas atau, lebih tepatnya, untuk mengembangkan “konsep radikal bebas terhadap penuaan.”

Radikal bebas  itu  sangat reaktif. Ketika sel-sel dalam tubuh menghadapi radikal bebas, radikal yang reaktif dapat menyebabkan kerusakan pada sel. Menurut Dr Harmon teori penuaan, sel terus-menerus menghasilkan radikal bebas, dan kerusakan akibat radikal bebas terus-menerus akhirnya membunuh sel. Ketika radikal bebas cukup membunuh atau merusak sel-sel pada suatu organisme.

Apa itu radikal bebas?

Radikal bebas adalah setiap atom atau molekul yang memiliki “elektron tidak berpasangan” di luar cincin. Sebuah “elektron tidak berpasangan” juga akan selalu berarti bahwa ada bilangan ganjil karena “pasangan” elektron berlalu genap

Proton memiliki muatan listrik positif. Elektron memiliki muatan listrik negatif. Elektron bergerak di sekeliling massa pusat terdiri dari proton dan neutron. Neutron tidak memiliki muatan listrik. Kata ini terkait dengan “netral.”

Setelah sebuah atom memiliki elektron lebih sedikit, dengan muatan listrik negatif, dari proton, dengan muatan listrik positif, atom ini sekarang memiliki muatan listrik lebih positif daripada yang negatif muatan listrik – kita akan berkata bahwa atom ini, itu sendiri, bermuatan positif.Karena itu bermuatan positif menarik elektron yang tersedia, dengan muatan negatif.

Radikal bebas tanpa pandang bulu mengambil elektron dari atom lain, yang pada gilirannya mengubah atom yang lain menjadi sekunder radikal bebas, sehingga membuat reaksi berantai yang dapat menyebabkan substansial kerusakan biologis.

Dr Denham Harmon, MD, Ph.D., pertama mengajukan teori penuaan sebagai kimia sembarangan kembali aktivitas radikal bebas acak mungkin menyebabkan kerusakan biologis. Idenya eksperimental telah banyak sukses, dan sekarang dianggap sebagai teori utama penuaan. Teori Dr Harmon menyiratkan bahwa antioksidan seperti vitamin C dan vitamin E, yang mencegah radikal bebas dari oksidasi (melepaskan elektron dari) sensitif molekul biologis, akan memperlambat proses penuaan. Dr Harmon meluncurkan teori dengan menunjukkan, untuk pertama kalinya, bahwa memberi makan berbagai antioksidan untuk mamalia memperpanjang rentang kehidupan mereka.

Mekanisme apa yang dilakukan oleh radikal bebas menyebabkan kerusakan dan penyakit?

Membran sel terbuat dari lemak tak jenuh. Lemak tak jenuh molekul membran sel sangat rentan terhadap radikal bebas yang merusak ini proses dan siap memberikan kontribusi pada reaksi berantai yang tidak terkendali. Kerusakan oksidatif, nama lain untuk reaksi kimia yang menyebabkan radikal bebas, dapat menyebabkan kerusakan atau bahkan pengerasan lipid, yang make-up dinding sel. Jika dinding sel dikeraskan (lipid peroxidation) maka itu menjadi mungkin bagi sel untuk benar mendapat para nutrisi, mendapatkan sinyal dari sel-sel lain untuk melakukan tindakan (seperti menembakkan neuron) dan banyak aktivitas selular lainnya dapat dipengaruhi. Selain dinding sel, molekul biologi lainnya juga rentan terhadap kerusakan, termasuk RNA, DNA dan protein enzim.

Situs utama dari kerusakan radikal bebas adalah DNA ditemukan di dalam mitokondria. Mitokondria kecil daerah tertutup membran-sel yang menghasilkan sel bahan kimia menggunakan energi. Mitokondria adalah “pabrik energi” dari sel. Setiap sel berisi kumpulan besar yang disebut DNA molekul kimia yang menyediakan instruksi untuk sel berfungsi. DNA ini ditemukan dalam inti sel, yang berfungsi sebagai “pusat komando” dari sel, dan juga dalam mitokondria. Otomatis sel banyak perbaikan kerusakan DNA nuklir. Namun, DNA dalam mitokondria tidak dapat langsung diperbaiki.

Radikal bebas meningkat dalam kegiatan dan kuantitas oleh adanya logam beracun dalam tubuh. Dengan demikian, logam beracun penyebab radikal bebas. Beberapa ratus tahun yang lalu kita lakukan TIDAK memiliki beban logam beracun dalam tubuh kita bahwa sekarang kita lakukan, dan kami juga tidak memiliki seperti terpapar radikal bebas. Jika Anda menghapus logam beracun dari tubuh, Anda kemudian sangat mengurangi kegiatan dan jumlah radikal bebas.

Hal ini juga jelas bahwa agen-agen lingkungan memulai masalah radikal bebas. Toksisitas timbal, pestisida, kadmium, radiasi pengion, alkohol dan asap rokok semua mungkin karena mereka kemampuan memulai radikal bebas.

Leave a Reply