Tanaman Obat : Manfaat / Khasiat Gadung (Dioscorea villosa)

gadung juga

Nama Umum: Gadung,
Nama Ilmiah : Dioscorea villosa
Nama Lain :Wild Yam, Huang Tzu Yao, Yu Shu, Yam
Famili : Dioscoreaceae

Bagian yang Digunakan: Akar Rimpang,

Deskripsi Tanaman :

Gadung kita kenal sebagai tanaman merambat, daun tunggal berbulu. Tumbuh ditempat dataran rendah sampai ketinggian 1300 m dpl. Bergetah dan sangat beracun, Namun dengan penanganan yang khusus yaitu setelah di iris-iris tipis gadung dilumuri dengan abu dan dijemur beberapa hari, kemudian direndam diair mengalir selama 3-4 hari racun akan hilang. Kemudian dijemur sampai kering dan siap dikonsumsi.
Gadung Didokumentasikan & mempunya khasiat sebagai senyawa : antispasmodic, Anti-kelelahan, Anti-inflamasi, Chologogue, estrogenik, Hypocholesterolemic

gadung ubi

Kandungan Bahan kimia tanaman:
Termasuk: Aluminium, asam askorbat-, Ash, Beta-karoten, kalsium, Chromium, Cobalt, Dioscin, Dioscorin, diosgenin, Besi, Magnesium, mangan, Niacin, Fosfor, Kalium, Protein, Riboflavin, Selenium, Silicon, Sodium, Thiamin, Timah, Seng

Dikutip Referensi dari beberapa tulisan

1. Umbi ini telah digunakan di beberapa budaya sebagai pengganti kopi. Hal ini membantu mendukung limpa, paru-paru dan ginjal. Dioscoreae berisi hingga tiga belas diosgenin persen. Diosgenin telah diproses dan diberikan kepada pasien untuk mengurangi arthritis, asma, eksim, mengatur metabolisme dan kesuburan. diosgenin menyediakan blok bangunan steroid untuk mengembangkan hormon seks manusia dan dapat digunakan untuk mengembangkan massa otot dan kekuatan ini telah digunakan untuk ketidakstabilan emosional, batuk kronis, diare, dan diabetes.. ”

2. Aksi dan Penggunaan Obat: antispasmodic Mungkin bantuan terbaik dan menyembuhkan promptest untuk kolik empedu,. Sangat membantu dalam mual ibu hamil berharga juga. Di morbus kolera menyakitkan dengan kram, kasih sayang bersifat sakit saraf, cegukan hebat dan asma teratur.”

3. Nama Botani: Dioscorea oppositae Farmasi nama: Radix Dioscoreae Oppositae Bahasa Inggris:. Cina Yam Root Properties:. Manis, netral. Saluran masuk: Limpa, Paru, Ginjal, dan Fungsi. Klinis menggunakan: Tonifies dan menguntungkan Limpa dan Lambung: digunakan dalam kasus-kasus dari Kurang Limpa atau perut dengan gejala seperti diare, kelelahan, berkeringat spontan, dan kurangnya nafsu makan pada paru dan Manfaat. memelihara Ginjal: digunakan untuk Wasting dan haus sindrom. Karena herbal ini membasahi dan tidak panas atau dingin, itu manfaat baik itu Yin dan Yang dari paru dan Ginjal. Hal ini juga digunakan untuk spermatorrhea, sering buang air kecil, dan leukorrhea. ”

4. Wild yam root /Ubi Gadung telah digunakan selama ratusan tahun untuk mengobati rematik dan penyakit radang sendi seperti Penemuan glikosida steroid (diosgenin). Di akar divalidasi praktek kuno ini. Spesies Sebagian besar ubi rambat mengandung banyak steroid tanaman, terutama diosgenin, saponin prekursor dalam sintesis progesteron. Tanpa ubi, kompleks industri tidak akan mampu memenuhi permintaan dunia untuk kortikosteroid sintetik. Tapi dengan mereka, para ilmuwan dapat menurunkan hewan atau steroid manusia dalam proses multi langkah yang cukup mudah. Wild ubi adalah satu-satunya sumber yang benar-benar baik steroid tanaman untuk tujuan tersebut.

Diosgenin menyediakan sekitar 50 persen dari bahan baku untuk sintesis steroid. Harus ditekankan bahwa tidak ada suatu persamaan antara diosgenin dan steroid manusia. Dibutuhkan banyak langkah sintetik untuk mendapatkan dari satu ke yang lainnya. Jika yam memiliki efek steroid pada tubuh, itu bukan karena mengandung hormon steroid, tetapi karena prekursor steroid memiliki efek yang sama. Tubuh tidak mengakui mereka atau kesalahan mereka untuk hormon sendiri, tetapi menggunakannya dengan cara yang sama.
Penelitian telah menunjukkan bahwa yam, yam ekstrak dan / atau diosgenin memiliki yang baik untuk tindakan anti-inflamasi yang sangat baik. Dalam satu rangkaian penelitian, ubi ditemukan untuk mendorong penurunan pendek tinggal di tekanan darah dan peningkatan aliran koroner ketika disuntikkan intravena pada kelinci. Juga pada kelinci, yang saponin ubi, makan secara oral, mencegah peningkatan besar dalam kadar kolesterol darah. Efek terapi yang baik saponin gadung pada pasien dengan aterosklerosis dikombinasikan dengan hipertensi telah dikonfirmasi dalam praktek klinis.

British Herbal Pharmacopoeia mengakui akar ubi liar sebagai yg mengeluarkan keringat, spasmolytic ringan, anti-inflamasi, antirheumatic dan cholagogue, untuk digunakan dalam pengobatan kolik usus, diverticulitis, rheumatoid arthritis, rematik otot, kram, klaudikasio berselang, kolesistitis, dismenore, dan ovarium dan uterus nyeri. rheumatoid arthritis kolik empedu dan indikasi spesifik untuk penggunaan ubi. ”

Ardhi 2010 :Sumber Raintree.com

Leave a Reply