Khasiat dan Manfaat Buah Anggur

Anggur merah

Anggur Memang Mahal, Tetapi ternyata Sepadan Dengan Khasiatnya

Nama Umum : Anggur

Nama Ilmiah : Vitis finivera

Apa yang kami tulis diatas kelihatannya provokatif sekali , Anggur memang belum banyak dibudidayakan di Indonesia, kita ketahui hanya di Bali dan Malang Jawa Timur yang sudah dibudidayakan secara benar. Selain ditempat tersebut Anggur hanya tumbuh karena ditanam di halaman rumah dan hanya untuk senang-senang saja.

Sangat banyak manfaat Anggur, kami mencoba melihat satu persatu :

ANGGUR
Kecil Buahnya Besar Khasiatnya

Kita sering melihat para raja dari negeri Mesir atau Yunani selalu makan anggur. Ya, anggur memang salah satu buah kesukaan para raja dari zaman dahulu kala. Anggur sendiri berasal dari Armenia namun budidayanya sudah dikembangkan di Timur Tengah sejak 4000 SM dan diolah menjadi wine oleh orang Mesir sejak 2500 SM. Sampai akhirnya masuk ke Yunani, menyebar ke Laut Hitam, Spanyol, Jerman, Perancis, dan Austria. Atas jasa Colombus anggur akhirnya sampai ke mexico, Afrika Selatan dan Amerika Selatan, Australia hingga ke Asia, termasuk Indonesia.
Anggur terdiri dari beberapa jenis, yaitu yang kulitnya tipis, rasanya manis dan segar. Anggur ini banyak ditemui didaerah yang lebih kering. Sedangkan yang satu lagi kulitnya tebal, rasanya agak asam dan kurang segar. Anggur ini banyak terdapat di Asia termasuk Indonesia dan Australia.
Berbagai penelitian dilakukan, tidak disangka ternyata anggur adalah salah satu buah-buahan yang sangat baik untuk kesehatan karena kandungannya dapat memberikan kebaikan untuk tubuh.

Anggur Merah Baik Untuk Jantung

Berawal dari hipotesis French Paradox yang mengungkapkan bahwa angka kematian akibat jantung di Amerika lebih tinggi dibanding Prancis, padahal tekanan dara dan kolesterol masyarakat Prancis lebih tinggi daripada Amerika. Setelah diamati ternyata ini ada hubungannya dengan kebiasaan masyarakat Prancis yang suka mengkonsumsi red wine setiap hari.
Penelitian menunjukkan bahwa red wine mengandung flavonoid yang merupakan zat seperti vitaminyang banyak terdapat pada kulitnya. Flavonoid bersifat antioksidan yang dapat menghambat oksidasi LDL pada dinding pembuluh koroner. Flavonoid ini banyak ditemui pada buah anggur ungu, oleh karenanyalah dengan mengkonsumsi jus anggur ungu dapat memberi perlindungan bagi jantung. Banyak yang membuang bijinya pada saat dijus, hal ini salah. Ternyata sepertiga kandungan flavonoid justru terkandung pada biji.
Meski demikian untuk pasien diabetes harus hati-hati dengan kandungan gula yang terkandung dari jus tersebut karena 20-25 % kandungan anggur adalah gula. Sedangkan untuk wine pun kita tidak boleh minum melebihi 60 ml/hari.

Jus Anggur Menyembuhkan Berbagai Penyakit

Wajar anggur dapat menyembuhkan berbagai penyakit, karena buah ini berkhasiat tinggi dan kaya akan vitamin. Anggur sangat baik untuk anda yang sehari-harinya sering melakukan kegiatan fisik maupun psikis karena anggur disini ternyata dapat menghilangkan rasa penat dan anemia. Kandungan zat besi dan gulanya mengeluarkan hampas-hampas tubuh. Oleh karena itu anggur adalah obat bagi pasien penyakit ginjal, liver, dan sistem pencernaan.
Jus anggur sangat disarankan untuk penderita migrain radang sendi, radang usus kecil, rematik dan keracunan. Selain itu anggur dapat membersihkan darah sehingga baik untuk kecantikan kulit anda. Bahkan kandung kimia yang terkandungnya dapat mencegah kanker kulit.

Anggur Pelawan Sel Kanker

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, buah anggur selain lezat memang bermanfaat untuk menghentikan penyebaran sel-sel kanker. Namun dibandingkan meminum suplemen anggur, yang terbaik adalah memakan anggur secara keseluruhan karena 10 jenis flavonoid yang banyak terkandung pada anggur saling bekerjasama menghambat enzim yang bertugas mengatur gen dalam sel. Selain itu juga untuk pertumbuhan dan reproduksi sel-sel dalam tubuh. Penghambatan enzim yang dapat membunuh sel kanker.

Cewe-anggur

Anggur Mengandung Antioksidan

Radikal bebas banyak dibicarakan akhir-akhir ini karena dapat menimbulkan berbagai penyakit, antioksidan pun disebut-sebut dapat menangkal bahaya buruk dari radikal bebas. Namun tahukah anda kalau salah satu sumber terbaik antioksidan justru dari biji-biji anggur? Ya, memang biji anggur mengandung komponen yang protektif bagi otak, jantung, paru-paru dan tulang belakang ( International Chemical Congress di Honolulu).
Riset pun menunjukkan kalau ekstrak biji anggur dapat memperbaiki problem sirkulasi dan menurunkan efek gangguan mata yang dikenal sebagai degenerasi makula, penyebab utama kebutaan. Demi mendapatkan manfaat untuk kesehatan, ada baiknya anda mengkonsumsi 50 miligram ekstrak biji anggur atau 0,75 kg anggur.
Semua buah mengandung serat. Anggur akan memberikan tujuh gram, sebuah apel lima, dan pisang empat. Tapi setengah Anggur menyediakan enam gram. Itu sekitar seperempat dari jumlah takaran rekomendasi  kesehatan. Seperti kebanyakan buah-buahan, kira-kira setengah dari serat Anggur yang tidak larut (yang membantu mencegah sembelit dan yang dapat mengurangi resiko kanker usus besar) dan setengah dapat larut (yang membantu menurunkan kadar kolesterol).

Untuk mendapatkan semua yang serat Anda harus makan dinding yang memisahkan segmen-segmen (Tidak apa-apa untuk melewatkan berserabut benda putih yang menempel pada bagian dalam kulit). Itu berarti Anda mengelupas dan makan Anggur seperti Anggur, atau menggali keluar dinding dengan sendok.

Jus Anggur tidak memiliki serat. “Grapefruit sangat dapat meningkatkan penyerapan obat-obatan tertentu,” kata Paul Watkins, direktur dari University of Michigan’s General Clinical Research Center di Ann Arbor.

Pada tahun 1991, farmakolog David Bailey dari University of Western Ontario melaporkan bahwa jus buah anggurt meningkatkan rata-rata penyerapan obat tekanan darah tiga kali lipat.

Mengapa? “Ada sebuah enzim yang terletak di sepanjang saluran pencernaan yang inactivates sebagian obat-obat tertentu saat mereka sedang bekerja,” kata Watkins.

Meskipun risiko kerugian dari penyerapan tambahan ini mungkin sangat rendah, “kata Bailey,” ada potensi untuk beberapa orang mengalami efek samping dari obat mereka karena itu. ”

Di antara obat yang dikenal grapefruit mempengaruhi: bloker kanal kalsium seperti Procardia atau Adalat, antihistamin seperti Seldane, immunosuppressants seperti siklosforin, pendek bertindak penenang seperti Halcion, dan estrogen seperti Estinyl.

Satu-satunya pengecualian: Invirase (saquinavir), sebuah protease inhibitor yang diambil oleh beberapa orang dengan HIV, adalah sangat sulit diserap bahwa menggunakan jus Anggur untuk meningkatkan efeknya hanya dapat membantu.

“Lakukanlah bagi jantung Anda,” ujar iklan televisi Anggur Florida. “The American Heart Association (AHA) telah bersertifikat Florida grapefruit dan jus Anggur besar sebagai bagian dari diet jantung sehat.”

“Anggur dan jus anggur yang rendah lemak, lemak jenuh, dan kolesterol,” kata Antigoni Pappas, manajer gizi konsumen untuk AHA. “Jadi, mereka makanan yang, ketika dimasukkan dalam lemak rendah rencana makan seimbang, dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung.”

Yang dalam saku. Florida petani Heart Association membayar $ 450.000 untuk hak eksklusif – di antara petani Anggur AS – untuk mempromosikan sertifikasi dalam iklan mereka musim ini.


Sumber : Majalah Kartika

http://approdite1992.wordpress.com/2009/03/25/khasiat-anggur/

Leave a Reply