Manfaat dan Khasiat Buah Zaitun (Olea europea)

Olivesfromjordan

Nama tumbuhan : Zaitun, Olive
Nama Ilmiah : Olea europea
Familia : Oleaceae

Pohon Zaitun
Asli dari wilayah pantai timur Mediterania Basin (daerah-daerah pantai sebelah tenggara Eropa, Asia Barat dan Afrika utara) serta di Iran utara ujung selatan Laut Kaspia. Buah, juga disebut zaitun, adalah penting pertanian utama di wilayah Mediterania sebagai sumber minyak zaitun.

Kebanyakan buah zaitun saat ini dipanen oleh mengguncang dahan atau seluruh pohon. Menggunakan zaitun ditemukan tergeletak di tanah dapat menghasilkan minyak kualitas buruk. Metode lain melibatkan berdiri di tangga dan “memerah” buah zaitun ke dalam karung yang diikatkan pada pinggang pemanen.

Buah zaitun baru dipetik tidak diterima karena mengandung senyawa fenolik dan oleuropein, sebuah glycoside yang membuat buah terlalu pahit meskipun tidak sehat. [26] (Satu pengecualian adalah Thassos Zaitun, yang dapat dimakan segar.) Ada banyak cara untuk pengolahan buah zaitun untuk makan.

Pohon zaitun

Menggunakan metode tradisional microflora alami pada buah-buahan dan prosedur yang pilih bagi mereka flora yang memfermentasi buah. Fermentasi ini mengarah kepada tiga hasil penting: dalam pencucian dan rincian oleuropein dan senyawa fenolik; pembentukan asam laktat, yang merupakan bahan pengawet alami, dan sebuah kompleks flavoursome produk fermentasi. Hasilnya adalah produk yang akan menyimpan dengan atau tanpa pendinginan.

Zaitun masak

Kasiat Buah Zaitun
Kita mengenal minyak zaitun untuk memperhalus kulit, ternyata masih banyak khasiat lain yaitu menurut penelitian juga berkhasiat untuk mencegah kanker colon(usus besar)selama lima tahun teal International Agency for Research in Cancer sebagian besar responden menggemari makan daging tanpa diimbangi sayuran dan buah segar hingga banyak memproduksi asam empedu yang disebut asam deoksisilat., Senyawa ini akan membuat malas ensim diamine oksidase dan memacu tumbuhnya kanker colon.

Point yang menarik, ternyata minyak zaitun sangup mengurang produksi asam empedu dan kanker colon bias dicegah, dan ternyata di lapangan di daerah mediterania,Yunani,Spanyol dimana orang banyak mengkonsumsi minyak zaitun kasus kanker colon relative jarang.
Ardhi 2010; sumber bacaan ;Elizabeth Tara MD dan Wikipedia
http://en.wikipedia.org/wiki/Olive#Fruit_harvest_and_processing

Leave a Reply