Tanaman Obat : Khasiat/Manfaat Jamur Ling Zhi (Ganoderma lucidum)

ganoderma

Nama Umum : Jamur Ling Zhi, Ling Chih atau Ling Shi.
Nama Ilmiah : Ganoderma lucidum

Menurut buku Pengobatan Herbal Tiongkok, ling zhi tercantum sebagai bahan obat nomor satu dari 365 bahan
obat lainnya. Karena itu, ling zhi dijuluki sebagai jamur seribu khasiat, jamur
ajaib, jamur abadi, dan raja herbal yang ajaib.

Tidak hanya di negara asalnya, Cina; di negara Barat pun telah lama dikenal penggunaan jamur untuk makanan kesehatan, seperti ditulis Bapak Kedokteran Barat Hipocrates sekitar 445 M.

Jamur ling zhi merupakan salah satu jenis jamur kayu dan telah dikenal sejak zaman Kaisar Shi Huang Ti (259-210 SM). Wajarlah, mengingat jamur memang merupakan obat tradisional yang paling sering digunakan oleh masyarakat cina. Oleh sebab itu, Cina dikenal sebagai pelopor penggunaan jamur ling zhi untuk ramuan pengobatan tradisional mereka.

Karena sifatnya yang alot dan pahit, maka jamur biasanya diolah menjadi sejenis cairan untuk diminum (elixir). Jamur yang berwarna merah hitam ini sejak dulu dipercaya sebagai pohon kehidupan untuk mempertahankan dan memperpanjang umur.
Manfaat / khasiat Ling Zhi

Mengapa jamur ling zhi-atau dalam bahasa latin disebut ganoderma lucidium- ini demikian berkhasiat ? Belakangan diketahui jawabannya ialah karena adanya kandungan polisakarida, adenosin, asam ganoderat, triterpenoid, peptidoglukan, fiber, protein dan sejumlah vitamin seperti vitamin E, C, B3, B6, B12, dan mineral.

Beta-D glukan, glukorono-beta-D glukan, arabinoxylo-beta-D glukan serta senyawa lainnya dalam grup kompleks polisakarida dapat mencegah kanker, selain dapat merangsang pertumbuhan sel T, interleukin 2, pembunuh alami yang dapat menyerang dan menghancurkan sel terinfeksi.

Membantu proses penyembuhan sekitar 150 macam penyakit, antara lain: impotensi, stroke, diaabetes mellitus, tumor, hipoksia, kanker, hepatitis ABC, rematik, kolesterol, jantung, tekanan darah tinggi, wasir, migrain, ginjal, asma, hemorhoid, jerawat, insomnia, penyakit kulit dan carebomalacia.

Selain itu, ling zhi juga ampuh untuk gangguan yang dirasakan wanita seperti keputihan, dismenorea, menstrual cramps, menopause, bahkan kemandulan.

Ardhi 2010 berbagai sumber antara lain;
http://langitbiru.tripod.com/

Leave a Reply