Tanaman Obat /Lalapan: Leunca (Solanum nigrum L)

Solanum_nigrum

Gambar tumbuhan Leunca ( dr en.Wikipedia)
Nama Umum : LEUNCA
Nama latin: Solanum nigrum L
Familia : Solanaceae
Nama daerah: Rampi; Ranti; Piit; Boose; Bobase

Deskripsi Tumbuhan:

Tumbuhan semusim, tinggi 30-175 cm, bercabang bayak. Daunnya letaknya berseling, berkelompok, bentuk bulat telur, ujung dan pangkal meruncing, tepi berombak sampai rata.

Bunga majemuk malai, jumlahnya 2-10 kuntum, warna putih atau lembayung.

Buahnya buni, bulat, diameter 0,8-1 cm, terdapat dalam tandan, warna hijau, bila masak menjadi ungu kehitaman atau hitam, berkilap, berisi banyak biji. Rasanya renyah, sedikit, dan agak langu.

Kandungan kimia: Glikoalkaloid solanin; Solasonin; Solamargin; Solasodin; Solanidin; Diosgenin; Tigogenin; Atropin; Saponin; Zat samak; Minyak lemak; Kalsium; Fosfor; Zat besi; Vitamin A dan C

Khasiat dan kegunaan
Tanaman ini sudah lama dikenal bisa dipakai sebagai obat,terutama buah dan daunnya. Daun memiliki efek sedative ( menenangkan ) , diuretic ( memperlancar ) air seni, dan ekspektoran (mengencerkan dahak ). Buah leunca bisa dimanfaatka sebagai tonic, diuretic. Buah leunca bisa dipakai obat anti bakteri dan anti kanker. Tanaman leunca ini bisa juga digunakan obat pembengkakan, peradangan, rematik dan wasir.
Analgesik; Antiradang; Antibakteri

Rebusan air dari daun leunca bersifat diuretic, dapat memperlancar air seni, untuk penderita hipertensi dan jantung yang disertai pembengkakan. Efek anti bakteri yang dipunyai leunca dapat mengobati gonorhoe ( penyakit kelamin ). Masih ada lagi yang dapat dimanfaatkan dari tanaman leunca, yaitu getahnya untuk obatt kulit dan kutilan.

Catatan :
Tanaman leunca juga mengandung racun, baik buah dan daunnya.. Mengkonsumsi leunca, buah maupun daunnya dapat menyebabkan keracunan. Pada daun yang tua mengandung glikoalkaloid solanin. Begitu juga buah yang dikonsumsi mentah konsentrasi alkaloid sangat tinggi.
Mengkonsumsi daun maupun buah lenuca dalam jumalh banyak atau besar dapat menyebabkan muntah, iritasi lambung, banyak keluar air liur , mengantuk, sakit perut, diare, lemas, gemetar serta gangguan pernafasan.

SUMBER :
http://tanamanherbal.wordpress.com/2007/12/16/leunca/
http://en.wikipedia.org/wiki/File:Solanum_nigrum.jpeg

Tags: , , , , , , , ,

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.