Khasiat Jus Buah Pinang Muda

Buah Pinang

Nama Umum : Pinang, Pucang
Nama Ilmiah : Areca catechu L
Familia : Arecaceae
Nama lain :. Di Jawa Barat, jambe, penang atau wohan. Di Sumatera, pinang, pineng, pineung, batang mayang, batang bongkah, batang pining, batang pinang, dan boni.

Pengalaman Lapangan

Pada akhir 2007 lalu saya berkesempatan ke Lhokseumawe tepatnya di daerah Cunda dan mencicipi Jus Pineung (Jus Pinang) yang terkenal , para kaum pria mempercayai bahwa jus Pineng tersebut mempunyai khasiat memperkuat keperkasaan (anti ejaculasi dini).
Kalau saya perhatikan, apalagi kalau kita pesan istilahnya “Double Gardan” dimana dilengkapi juga dengan Kuning telur bebek,Madu Asli ,Susu Kental Manis yang jelas sudah terkenal manfaatnya karena kandungan gizinya.

Tanaman Pinang termasuk tanaman yang mempunyai nilai ekonomis telah banyak dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia sejak dulu, khususnya buahnya yang digunakan untuk campuran makan sirih. Orang yang makan buah pinang diyakini memiliki gigi yang kuat meski usia telah lanjut.

Tanaman pinang mudah tumbuh di Indonesia. Biasanya tanaman ini ditanam di pekarangan rumah, taman, atau tumbuh di pinggir sungai. Bentuknya yang indah dengan tinggi pohon 10-30 meter memang cocok digunakan untuk penghias. Tak heran jika di ruas-ruas jalan tertentu, tanaman ini banyak ditanam berjejer. Selain untuk keindahan kota, juga bisa berfungsi untuk penghijauan.

Baik biji, buah, maupun sabutnya bisa dimanfaatkan, khususnya untuk pengobatan. Pengobatan dengan buah tanaman ini sudah cukup terkenal sejak zaman dulu.Biji pinang bisa untuk mengobati beri-beri, cacingan, perut kembung, luka, diare, serta batuk berdahak. Sedangkan daunnya bisa untuk menambah nafsu makan dan mengobati sakit pinggang. Daun pohon pinang juga banyak dimanfaatkan untuk bungkus makanan. Sementara sabutnya bisa dipakai untuk menyembuhkan beri-beri, sembelit (susah buang air besar), dan gangguan pencernaan.

Buah pinang muda bisa digunakan untuk mengobati luka akibat kecelakaan (benturan, gesekan, tusukan, teriris atau terbakar). Caranya, daging buah pinang yang masih muda ditumbuk hingga halus, lalu ditempelkan pada bagian tubuh yang terluka.

Buah pinang muda juga bisa langsung dikunyah dan airnya ditelan. Ini untuk mengobati darah dalam air kencing. Sedangkan jus pinang muda bisa digunakan sebagai obat luar penyakit rabun mata.

Anak yang menderita cacingan
Caranya, siapkan 30 gram serbuk biji pinang lalu rebus dengan 2 gelas air hingga mendidih. Air didihan ini kemudian dibiarkan hingga dingin lalu disaring. Air ini lalu diminumkan pada penderita cacingan sekaligus sebelum sarapan pagi.

materi referensi:
indosiar.com, Bandar Lampung
http://www.self-healthy.com/tag/manfaat-

Tags: , , , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.