Khasiat Gymnema sylvestre Untuk Pengobat Penyakit Diabetes

Gymnema

Ordo: Gentianales
Familia: Asclepiadaceae
Genus: Gymnema
Spesies: G. sylvestre

Deskripsi tanaman :

Termasuk tanaman merambat dengan daun tunggal jorong, pinggirnya bergerigi
Tanaman menahun dan dapat tumbuh di dataran rendah sampai 100 dpl.
Tanaman ini sudah lama dikenal di India dan Pakistan, sekarang mulai dibudidayakan di seluruh dunia karena manfaatnya yang luar biasa.

Kandungan kimia Gymnema sylvestre

Kandungan utama Gymnema sylvestre adalah kelompok jenis saponin triterpenoid oleanana , dan mempunyai nama pasaran sebagai asam gymnemik..turunan asam deacylgymnemic (Daga) yang 3-O-glukuronat dari gymnemagenin. Asam gymnemic individu (saponin) meliputi asam gymnemic I-VII, gymnemosides AF, gymnemasaponins.

Bagian tanaman yang paling banyak mengandung saponin triterpen milik oleanana dan kelas dammarene. saponin oleanana adalah asam gymnemic dan gymnemasaponins, sedangkan saponin dammarene adalah gymnemasid.

Selain itu, konstituen tanaman lain flavon, anthraquinones, hentri-acontane, pentatriacontane, ? dan ?-klorofil, phytin, resin, d-quercitol, asam tartrat, asam format, asam butirat,, lupeol glikosida ?-amyrin terkait dan stigmasterol.

Asam Gymnemik ditengarai sebagai obat antidiabetes, anti-inflamasi. Sementara itu masih sedang dipelajari, efek dari ramuan yang tidak sepenuhnya diketahui, rempah telah terbukti mengurangi kadar gula darah bila digunakan untuk jangka waktu tertentu.

Saat ini sedang diteliti pengobatan alami untuk diabetes dengan bahan-bahan lain seperti kayu manis, kromium, zinc, biotin, tanaman banaba, semacam buah frambos kecil dan pahit .

Sebuah studi yang dilakukan oleh King’s College, London, Inggris, menunjukkan bahwa ekstrak Gymnema Sylvestre, menyebabkan kenaikan reversibel kalsium intraseluler dan sekresi insulin pada tikus dan manusia ?-sel bila digunakan pada konsentrasi (0,125 mg / ml) . Oleh karena itu balik data ini menunjukkan bahwa ekstrak yang berasal dari Gymnema Sylvestre mungkin berguna sebagai obat untuk stimulasi sekresi insulin pada individu dengan Type 2 Diabetes.

Dari penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa khasiat Gymnema sbb:

• Mengurangi penyerapan gula dari usus
• Meningkatkan produksi insulin oleh tubuh
• Mengurangi kadar kolesterol

Melihat kemampuan ini apalagi dengan kombinasi dengan bahan herbal yang lain dapat untuk pengobatan :
• Menurunkan Berat badan
• Pengobatan Diabetes, atau pra-diabetes

Tulisan terkait antar lain :

http://kiathidupsehat.com/pengobatan-herbal-kumpulan-resep-ramuan-untuk-penyakit-diabetes-mellitus/
http://kiathidupsehat.com/khasiat-buah-pare-atau-paria/

Sumber antara lain dari :

Meta-syndrome.com

Tags: , , , , ,

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.